ABJ Dibawah Standar, Perlu Tingkatkan Kebersihan Lingkungan dan PSN Mandiri

04 Februari 2024
Administrator
Dibaca 66 Kali
ABJ Dibawah Standar, Perlu Tingkatkan Kebersihan Lingkungan dan PSN Mandiri

Segoroyoso (04/02) – Bertempat di Pedukuhan Dahromo II pada Jum’at (26/01) Kamituwa beserta tim PSN Kalurahan Segoroyoso serta tim monitoring PSN Kapanewon Pleret melaksanakan pemantauan PSN.

PSN dengan mengunjungi rumah-rumah warga di RT 01 dan RT 02 Pedukuhan Dahromo II. Jumlah rumah yang dikunjungi 59 rumah. Dari kunjungan tersebut, sebanyak 9 rumah dinyatakan positif jumantik. Sehingga ABJ (Angka Bebas Jentik) diperoleh 84,74%. Angka ini masih dibawah standar yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul yakni ABJ 95%.

Upaya yang dilakukan untuk menaikkan ABJ adalah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk melaksanakan PSN secara mandiri di rumah masing-masing serta menjaga kebersihan baik di rumah maupun lingkungan tempat tinggalnya. Pada musim penghujan seperti sekarang ini, banyak wadah-wadah bekas yang berpotensi menjadi tempat bertumbuhnya jumantik karena terdapatnya genangan air. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengubur barang-barang bekas tersebut. Karena rumah yang positif jumantik rata-rata berada di luar rumah. Demikian disampaikan petugas dari Puskesmas Pleret dalam evaluasinya.#R-na